Kamis, 13 September 2012

PENGELOLAAN KELAS







PENGELOLAAN KELAS

Pengertian:
Definitif : Terdiri dari dua kata yaitu pengelolaan dan kelas. Istilah lain dari kata pengelolaan “manajemen” adalah kata yang aslinya dari bahasa Inggris “management” yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan.


Manajemen atau pengelolaan dalam pengertian umum menurut Suharsimi Arikunto (1990 :  adalah pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan. Sedangkan kelas menurut Oemar Hamalik (1987 : 311) adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapat pengajaran dari guru.
Di dalam membahas pengelolaan kelas ini, perlu dikemukakan pendapat beberapa ahli yang mendefinisikan dengan redaksi yang berlainan, di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Menurut Suharsimi Arikunto, pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal, sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan. 
  2. Menurut Sudarwan Danim, pengelolaan atau manajemen kelas adalah seni atau praksis (praktik dan strategi) kerja yaitu guru bekerja secara individu dengan cara melalui orang laian (semisal bekerja dengan sejawat atau siswa sendiri). Untuk mengoptimalkan sumber daya kelas bagi penciptaan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
  3. Menurut Rasdi Ekosiswoyo, manajemen kelas adalah tahap-tahap dan prosedur untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan belajar dan pembelajaran yang kondusif.
  4. Menurut Made Pidarta, pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi kelas.
  5. Menurut J.J. Hasibuan, ketrampilan mengelola kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, dan mengembalikannya ke kondisi yang optimal jika terjadi gangguan, baik dengan cara mendisiplinkan atau melakukan kegiatan remedial.
Dari uraian tersebut dapat dipahami bahwa pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran. Kesimpulan yang sangat sederhana adalah bahwa pengelolaan kelas adalah kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran.





1.Mengapa Pengelolaan Kelas penting untuk seorang Guru?
Jawab : Sebab guru yang tidak bisa  mengelola kelas dengan baik,maka Tujuan pengajaran yang diberikan tidak akan akan tercapai.
2.Kemampuan apa yang harus dikuasai guru supaya dapat mengelola kelas?
Jawab:Merancang,Melaksanakan dan Mengevaluasi pengajaran
3.Apa yang perlu dirancang Sebelum mengelola kelas?
Jawab: Program Tahunan,Program Semester,SATPEL/RPP,Metode,Alat Peraga.
4.Bagaimana seorang guru supaya dapat melaksanakan pengajaran dengan baik?
Jawab: Jika guru mampu melaksanakan pengajaran dengan berbagai strategi dan pendekatan sehingga pengajaran yang dihasilkan 80%anak menguasai kompetensi yang diujikan dan ada perubahan tingkah laku pada si  anak didik.Sehingga secara keseluruhan guru mempunyai seni dan emosi dalam mngajar.Sebab seni dan emosi sangat dibutuhkan dalam Kegiatan pengajaran.
5.Bagaimana evaluasi yang baik?
Guru hendaknya tidak egois dalam membuat umpan balik hasil belajar,jadi soal yang diberikan ke siswa sesuai materi yang diberikan .
6.Bagaimana jika hasil evaluasi untuk siswa 80% tidak tercapai?
Jawab: Guru harus melihat dari berbagai sisi (guru,siswa,materi ,media dll) Jika sudah menemukan penyebabnya,maka guru cepat2 mengambil sikap dan tindakan: Misal remedial,atau strategi yang lain sesuai kebutuhan.


0 komentar: