Selasa, 30 April 2013

MOTIVASI



MOTIVASi mengingatkan saya ke th 1988 saat saya di test interview untuk masuk SPG.
Pertanyaan: "Apa motivasi  kamu masuk SPG?
Jawab: Karena setelah lulus SPG saya bisa kerja jadi guru.
Pertanyaan: "Apa keluargamu ada yang menjadi guru?
Jawab: Ada
Pertanyaan: "Figur apa yang kamu lihat dari Profesi Guru yang ada dilingkungan keluargamu?
Jawab: Setiap ada tetangga yang dateng minta diajarin,selalu dengan senang hati membantu,disiplin,dan setiap mau mengajar penampilannya rapi,meskipun pakaiannya sederhana,sehingga disegani oleh para tetangga dan muridnya.
Dari sepenggal PROLOG diatas,saya akan sharing tentang motivasi,jika sekiranya ada yang salah atau kurang mohon dikoreksi dan dimaafkan:Terimakasih

Motivasi merukan semangat yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu (Positip)

  • BENTUK MOTIVASI
          Apresiasi(Award),Reword,Pujian,Hadiah,Bonus,Sanjungandll

  • FAKTOR MOTIVASI ada 2


  1. INTRiSiK: Dari Dalam individu
          Contoh: Butet Manurung : Salah satu contoh wanita Indonesia yang dikenal karena perjuangan dirimba dalam mengajar.Dengan tujuan anak rimba ini tidak selalu menjadi kurban dari orang-orang modern,maka supaya bisa melawan para perusak hutan orang rimba diajari baca tulis.Beliau mendapatkan Award Dunia setelah melihat cara kerja Beliau dan hasilnya dapat dilihat dunia Internasional dan dirasasakan oleh orang rimba.Karena Beliau mengajar dari hati,tulus,iklas bukan ingin mendapat pujian.

    2.  EKTRiSiK: Dari Luar Individu
         Contoh: "Jika kamu kenaikan kelas nantikamu juara I,maka kamu dibelikan Robot"
                      "Jika kamu mencapai target maka kamu mendapat bonus"
Sehingga faktor Ektrisik cenderung ada hukum sebab akibat atau ada STIMULUS (Rangsangan) ada RESPON (tindakan).Menurut saya pribadi berdasarkan pengalaman hidup,sebenernya antara faktor luar dan dalam tidak bisa berdiri sendiri,saling berkaitan,Namun,yang menentukan/memutuskan seseorang melakukan tindakan siapa?tetap suara hati kita.Contoh:Si Mr.A kerja di PT.ABC  di Perusahaan lain,Si Mr.A ditawari gaji yang lebih tinggi dan fasilitas yang lebih bagus karena melihat Kinerja,Dedikasi,dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan..Namun Si Mr.A tadi tidak tertarik,padahal di perusahaanya boro-boro apreasiasi,pujian saja tidak pernah.Motivasi apa yang membuat Mr,A bertahan? Dalam laut dapat diukur.Dalam Hati siapa yang tahu.Itulah pepatah yang cocok.Maka menurut saya pribadi MOTIVASI dalam diri setiap individu.Baik dari dalam maupun dari Luar.Karena Kesuksesan seseorang bukan dilihat dari hasilnya,tapi dari cara kerjanya.Dan jika Orang sudah bekerja dengan hati dan melibatkan perasaan dengan iklas,balance/idealnya pihak yang berwenang dan bersangkutan hendaknya melihat itu,sehingga,timbul hubungan yang positip,yang membuat kinerja akan semakin lebih bagus dan semakin meningkat.Namun apa yang terjadi sekarang?Ironis ya?Tapi saya salut dengan si Mr.A tadi.Kalau kita melihat orang sudah kerja sekian tahun,tiba-tiba keluar pasti ada yang ga beres...(tidak diorangkan/diperhitungkan,masa bodo, dll)

RENUNGAN

  • Sudahkah aku selalu tersenyum dalam keadaan apapun dan menjawab ketika siswaku memberi salam dan sapa?
  • Sudahkan aku mengulang penjelasan ketika siswa ada yang belum jelas dengan ramah?
  • Sudahkah aku selalu memberi pujian,apresiasi,setiap hasil yang dicapai oleh siswaku?
  • Sudahkan aku berbagi ilmu sepenuh hati ?
  • Sudahkah menjalani pekerjaanku dengan bahagia?
Terimakasih sudah mau membaca.Semoga dapat memberi manfaat .Jika tidak berkenan mohon dimaafkan

0 komentar: