Ø APAKAH KBM ?
KBM
singkatan dari Kegiatan Belajar Mengajar.Yaitu sebuah proses Seoran Pendidik atau
Guru menyampaikan suatu ilmu kepada perserta didik.Dengan tujuan, dan target
tertentu sehingga peserta didik mengalami suatu perubahan.KBM bukan sebuah
kebetulan terjadi,akan tetapi KBM sengaja diciptakan.Maka segala sesuatu sudah
direncanakan jauh sebelum KBM itu sendiri terjadi yang disesuaikan dengan
situasi kondisi siswa didik dan sarana dan prasarana yang menunjang.
Ø BAGAIMANA TIK berperan dalam KBM?
Di era globalisasi modern seperti
ini , segala sesuatu yang tadinya tak mungkin menjadi mungkin. Yang tadinya
mimpi menjadi sebuah kenyataan. Sebagai contoh untuk dapat berbicara langsung
dengan orang lain di luar negeri kita tidak perlu datang keluarga negeri yang
membutuhnya dana banyak.Kita cukup menyediakan peralatan jaringan
Internet,computer atau Hp dengan spesipikasi yang mendukung dengan banyak
software atau aplikasi yang dapat digunakan misalnya Skype,YM,VIDIO CONFREND
dll.Istilah sekarang dengan duduk manis didepan computer yang berinternet
segala sesuatu yang kita inginkan terkabulkan dengan cepat.Tidak harus
antri,keluar tenaga dan waktu.
Sebagai guru Internet dapat
dijadikan salah satu Media Pembelajaran yang Kreatif,Inovatif dan
Effektif.Bagaimana caranya?
- Guru wajib menguasai pengetahuan dasar tentang Internet ( internet itu apa,alat yang digunakan,fasilitas apa yang ada,bagaimana cara menggunakan)jangan kalah dengan siswa didiknya.
- Guru Kreative mencari bahan ajar pendukung dari internet.Karena tidak semua bahan ajar sesuai dengan materi yang akan disampaikan
- Guru
mengembangkan ketrampilan penguasan TIK dengan tidak jemu-jemunya selalu
mengikuti perkembangan TIK yang ada.
Ketiga point diatas terlaksana jika
ada kerjasama yang baik ,antara Instansi terkait,Sekolah dan Guru itu sendiri.Sebagai
contoh sekolah sudah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dengan
memasang LCD Proyektor disetiap kelas,tapi guru tidak pernah memakai media
itu,bahkan guru lebih suka menulis di whiteboard yang memakan waktu lama.Si
guru beralasan karena sudah terbiasa menulis diwhite board dari pada di komputer,ribet,
takut anak-anak komplain karena tidak biasa.Itu yang terjadi jika guru tidak
menguasai TIK,dengan berbagai alasan dilontarkan.Akhirnya apa yang sediakan
sekolah sia-sia. Semua bisa karena terbiasa.Jika kita sepakat untuk memberikan
yang terbaik untuk anak didik hendaknya kita berusaha.Termasuk menjadikan TIK
alat bantu KBM.Karena KBM tidak harus di dalam dikelas dan waktu jam sekolah.
Ø FASILITAS TIK YANG MANA YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK
KBM?
Dengan Bantuan internet guru dan siswa akan mendapatkan informasi yang cepat,aktual
dan praktis dengan cara searching ,browsing dan download dari internet.Sebagai
contoh.
- Guru akan mengajarkan tentang DAUR HIDUP KUPU-KUPU.Guru dapat mengambil bahan ajar ini dari youtube yang berbentuk animasi,atau mengambil gambar ini dari google image.Seperti di bawah http://www.youtube.com/watch?v=K0bqNqW02is. url youtube.Dengan melihat gambar atau tampilan video,pelajaran akan lebih menarik.Dari pada menggunakan komunikasi verbal.Dengan Tema seperti ini Visual lebih mudah difahami dan dimengerti juga diingat siswa didik.
- Guru akan mengajarkan Bersikap yang baik.Dalam hal ini metode demonstrasi lebih cocok karena peserta didik langsung praktek sehingga sikap yang baik dan benar langsung dapat dilihat.Tapi mengambil bahan ajar yang berbentuk VISUAL juga akan lebih menarik.Kebetulan penulis tidak sengaja melihat sebuah adegan ini disebuah terminal Busway di Jakarta Pusat.Pemandangan ini membuat penulis untuk mengabadikan dengan ponsel.Dan hasil akhir penulis share ke rekan-rekan guru.Mereka berkomentar.Bagus itu untuk bahan ajar contoh perilaku.Memang baiknya sebagai pendidik kita peka dimanapun dengan menggunakan benda-benda elektronik yang kita punya.Untuk mendukung KBM kita.
Ø PERAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI ALAT BANTU KBM
Sosial Media atau yang
lebih akrab disebut Jejaring Sosial tak asing lagi ditelinga kita . Dan berita
negative dari penggunaan Media Sosial ini sungguh sangat memprihatinkan.Dengan memanfaatkan Sosial Media sebagai Alat Bantu
KBM kita sedikit demi sedikit mengurangi kekawatiran dan ketakutan orang tua
tentang penggunaan Sosial Media terutama untuk anak-anak Sekolah Dasar .Dalam
hal ini penulis memberi contoh Sosial Media Facebook.Penulis memilih FaceBook
karena hampir semua anak punya account FB.Bagi anak-anak yang belum punya
account FB orang tua diperbolehkan masuk GROUP FB.Di bawah penulis sisipkan
capture GROUP FB penulis sebagai Media yang Menunjang KBM TIK
- GAMBAR PROFIL GROUP FB ( Gbr sampul adalah hasil karya siswa kelas 3 menggambar dengan Program Ms.Paint)
2.GROUP TEMPAT
MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG TUGAS RUMAH (KLS KECIL)
3.GROUP TEMPAT TANYA JAWAB
ONLINE
4.GROUP TEMPAT MENCOCOKKAN JAWABAN SECARA ONLINE
5.GROUP TEMPAT MENAMPILKAN HASIL KARYA
6.GROUP TEMPAT MEMBERI INFORMASI UMUM
6.GROUP TEMPAT DISKUSI
Dan masih banyak lagi guna dari Group Pembelajaran
yang terdapat dalam Jejaring Sosial.Selain Menggunakan Group,Penulis juga
menggunakan Blog Pribadi untuk mengarsipkan kegiatan.Dibawah adalah PROFILE BLOG PRIBADI PENULIS
Dengan adanya Blog atau GROUP yang biasa penulis lakukan
untuk menunjang KBM ,Penulis merasa terbantu jika ada orang tua yang menanyakan
tentang apa saja yang berhubungan dengan Pelajaran TIK.Begitu juga siswa
didik.Misal jika ada pertanyaan sebagai berikut: Apakah besuk ada ulangan atau
tidak,hasil karya kelas …Program… sudah diupload atau belum dll.Penulis tinggal
menjawab,Silahkan lihat di GROUP atau Blog.Jika ada yang belum jelas,silahkan
Inbox.Dengan demikian menghemat waktu, tenaga dan biaya.Karena kapanpun,dan
dimanapun dapat diakses.
Sejalan
berjalannya kurikulum 2013 dimana MAPEL TIK dihapus untuk siswa, dan guru
dituntut menguasai TIK, posisi penulis sebagai guru TIK seolah-olah tidak
diperhitungkan lagi keberadaannya.Itu ternyata adalah fikiran sebagian kecil
orang.Penulis bersyukur kurikulum 2013 ini justru membawa tantangan untuk
menunjukkan bahwa TIK tidak layak dihapus.Sekolah dimana penulis ditugaskan Jam
dan Jadwal TIK tetap seperti jadwal semula.Bahkan KBM yang penulis lakukan
menyesuaikan tema-tema yang berjalan dikelas.Tentunya dengan mencari software
yang cocok untuk tema tersebut.Penulis sering mengadakan Kolaborasi Pelajaran
dengan MAPEL lain.Misal Kelas 4. Tema Indahnya Kebersamaan. Dikelas siswa diberi
tugas membuat Presentasi dengan Tema Ragam Budaya Nusantara.Maka diMAPEL TIK
siswa diajari cara membuat Prsentasi dengan Power Point . Guru kelas menilai
Isi presentasi, Guru TIK menilai Presentasinya.COntoh Hasil Presentasi itu dapat dilihat dibawah.
Selain itu akhir tahun kami mengadakan UJIAN TERPADU
untuk anak kelas 6.Biasanya penulis kolaborasi dengan MAPEL IPA. Anak-anak
dibentuk dalam kelompok yang ditentukan oleh Guru kelas.Kemudian menentukan
tema/ Percobaanatau Ekperimen apa yang akan dipresentasikan.Dalam melakukan
eksperiman setiap kelompok disarankan untuk membuatdokumentasi dengan kamera digital.Eksperimen disusun
dengan Software Ms.Power Point dan untuk menampilkan vidionya, mereka menggunkan MacromediaFlash
dengan akhiran GIV.Vidio hasil Eksperimen disisipkan kedalam Ms.Power
Point.Sedangkan foto-foto diedit dengan Software Photoscape atau
AdobePhotoshop. Dibawah adalah suasana UAS PRAKTEK Terpadu MAPEL IPA dan KOMPUTER ( Dokumen Pribadi) Foto dan Vidio
Demikian sedikit apa yang penulis
share selama menjadi guru TIK tentang PERAN
TIK dalam KBM.Tak ada manusia yang sempurna jika ada kesalahan penulis mohan
maaf yang sebesar besarnya.Dan Semoga tulisan ini bermanfaat untuk orang
lain.Pendidik pada khususnya. Mari kita menyongsong pendidikan berbasis ICT,
dan Administrasi berbasis Komputerisasi,sehingga kita mampu menjadi bagian
Pengajaran Model E-Learning.
Demikianlah Refleksi dari Penulis
Demikianlah Refleksi dari Penulis
Referensi:
INDONESIATERDIDIKTIK.ORG
Facebook Fan Page : inditik
Twitter : @inditik #bloggerinditik
Tulisan ini saya ikut sertakan dalam GURU BLOGGER INSPIRATIF 2014 @indiTIK
Bersama Masyarakat, Bantu Pemanfaatan TIK di Sekolah |
0 komentar:
Posting Komentar