Kamis, 14 Maret 2013

BELAJAR MENDENGAR



Setelah beberapa menit bel istirahat berbunyi,aku bergegas turun dari  lantai satu ke lantai dasar.Di ujung tangga,beberapa anak mendekati.Ada yang habis nangis ada yang ngos-ngosan dengan penuh keringat sambil bercerita ( mengadu ini itu karena baru saja dinakali temannya).Kemudian aku duduk ditangga,beberapa anak tadi kutanyai satu persatu tentang masalah yang terjadi.Karena aku guru bid studi aku tanya guru kelas sudah tahu belum?Sudah.Lha kalo sudah kenapa masih mengadu ke ibu? Salah satu anak menjawab dengan lantang,dan jawabannya membuat aku sedikit kageet....
IBU LAPOR AJA ke SUSTER biar Si ....yang NAKAL tadi dikeluarin dari sekolah.SEBAB BANYAK ANAK YANG DISAKITI.TERUS WALI KELAS TIDAK BERFUNGSI!.
Lho tidak berfungsinya kenapa?Karena si nakal tidak ditegur-tegur,,malah didiamkan saja.Ooooooooooo...begitu.....saya manggut-manggut.Terus saya bilang, ya sudah nanti ibu bilang sama wali kelasmu,mungkin belum ditegur,karena wali kelas sedang istirahat,jadi negurnya kalo sudah masuk.Kan guru juga butuh istirahat?....Diantara anak yang berkumpul tadi ada yang puas jawabanku ada yang tidak.Yang tidak lari mencari guru kelasnya.
Cerita-punya cerita.....pas sedang pada ngumpul diruang guru saya share,kebetulan ada guru yang bersangkutan.Kuceritakan aja semua.....yang lain pada tertawa karena lucu mendengar Tidak berfungsi.Guru kelas bersangkutan comment, sudah membuat komitmen bu,makanya ga berfungsi hehehe.....kita tertawa Jika istirahat mengadu tidak dilayani,karena semua harus makan dan minum.Hemmmmmmmmm........berarti? .....dan yang mengadu malah tidak boleh istirahat alias dihukum.
Kesimpulannya: Komitmen penting untuk melatih disiplin,menghargai waktu dan menggunakan waktu.
Mendengar juga penting,sekecil apapun cerita dari siswa, membuat kita untuk bersabar,kosentrasi,mencari jalan keluar,supaya siswa yang bercerita merasa dihargai, dan pasti si pencerita mendapatkan jawaban yang melegakan.

0 komentar: