Jumat, 08 Maret 2013

SENYUM ITU MEMBUAT HATIKU LULUH

Hari ini aku merasa lelah yang luarbiasa.Energiku terkuras untuk turun naik tangga keluar masuk kelas menjemput anak yang mempunyai nilai bolong-bolong.Entah bolong remedial ataupun tidak masuk pas sedang ulangan,ataupun penyebab yang lain.Sebab UTS besuk Senin sudah dimulai.KBM berjalan lancar,namun disisa-sisa tenagaku.....ada satu anak yang termasuk anak kategori ulangan susulan menambah detak jantungku berdebar keras karena si anak tidak ada hasil apa-apa.Si anak waktu ulangan tidak masuk karena ada test ballet..Sebelum mengerjakan soal,sudah dijelaskan,bahkan pertemuan sebelumnya juga sudah dipelajari."Ibu.....aku ga bisa...." Itulah kata-kata yang kudengar dan senyum polos,lugu yang tersungging dibibirnya tanpa dosa.Pelan-pelan kudekati, kulihat dan aku duduk disampingnya. Aku terdiam sejenak sambil kupejamkan mata ,kuambil nafas dalam-dalam,....memikirkan apa yang harus kulakukan untuk anak ini. Dalam diamku aku berdoa,Tuhan ajari aku bersabar...untuk saat ini.Setelah mata kubuka,sia anak kupegang dan kutatap matanya yang polos menatapku sambil berkata,"ibu, aku dah coba tapi tetep ga bisa".Bener saja senyum itu membuat hatiku luluh.....akhirnya aku bilang....ya sudah cantik,besuk Senin kita ulang lagi ya....dirumah belajar lagi.Kembali si anak tersenyum sambil bilang makasih bu.....Nilai bolong memang belum dapat kututupi,tapi hari ini aku  belajar mengolah  emosiku menjadi kesabaran karena keluguan dan kepolosan senyum seorang anak. Tuhan aku bukan manusia sempurna,tapi tak ada usaha yang sia-sia.Terimakah atas pembelajaran hari ini.

0 komentar: