Selasa, 12 Maret 2013

SETIAP ANAK BUTUH PUJIAN


2 Hari lalu,tepatnya hari senin kemarin saya dideketi Guru kelas 1.Bahwa ada siswa yang mau keluar pindah sekolah gara-gara saya tidak  memperhatikan si siswa ini.Saya terperanjat mendengarnya....Mengapa sampai si anak bilang sedemikian rupa.....Akhirnya kami berdua saling bertukar fikiran tentang apa yang sudah terjadi saat KBM di ruang Lab Komputer.Apa yang saya lakukan saat KBM rupaya diraskan si anak ini tidak adil, karena saya cenderung membantu anak-anak yang kurang bisa.Sebagai seorang guru saya langsung flasback.....benarkah? Dalam hati saya sebenarnya tidak membedakan dan pilih kasih tapi prakteknya memang demikian.Saya mengakui, untuk anak-anak yang sudah bisa dan menurut saya si anak ini saya kategorikan mandiri,pintar, jarang sekali saya membantu.Bahkan saking sibuk membantu yang tidak bisa,pujian dan rewordpun lupa aku berikan pada mereka yang sudah bisa.Apa yang bisa kuambil dari kejadian ini? "Secara langsung ataupun tidak langsung,perhatian,pujian,reword,apresiasi apapun bentuknya,bahkan untuk anak kecil, sentuhan kasih sayang seorang guru sangat dibutuhkan untuk menambah motivasi dan semangat belajar mereka.Meskipun  itu anak yang sudah pandai sekalipun.Apalagi  anak yang kurang, satu langkah ada kemajuan langsung dapat PUJIAN...alhasil akan meningkat.Pujian,apresiasi membawa kebanggakan tersendiri pada siswa yang mendapatkannya.
Terima kasih siswaku yang sudah mengingatkan ibu untuk lebih memperhatikan kalian secara pribadi untuk keunikan,kelebihan dan kekurangan kalian. Semoga peringatan ibu menjadikan ibu lebih peduli lagi dengan kalian semua.Amien. Tak ada gading yang tak retak,tak ada manusia yang sempurna,namun tak ada usaha yang sia-sia.

Semoga share ini bermanfaat bagi teman-teman.

0 komentar: